Kamis, 04 Oktober 2012

Terong: Mencegah Penyakit Kangker



 Terong atau terung (Solanum melongena) ialah tumbuhan yang tergolong dalam keluarga Solanaceae dan genus Solanum. Ia merupakan tumbuhan asli India dan Sri Lanka, dan tumbuh subur di Indonesia. Buahnya biasa digunakan sebagai sayur untuk masakan.

Dari segi botani, buah yang dikelaskan sebagai “beri” mengandung banyak biji yang kecil dan lembut. Biji itu boleh dimakan tetapi rasanya pahit karena mengandung alkaloid nikotin. Ini tidaklah mengherankan karena terong adalah saudara dekat tembakau. Ukuran buah terung berbeda-beda antara kecil hingga besar, bergantung kepada budidayanya. Buah tersebut mempunyai berbagai warna, terutama ungu, hijau, dan putih.

Buah terong diketahui memiliki banyak manfaat, Buah ini juga bisa menetralkan kerusakan pembuluh darah arteri. Dengan begitu, ia dapat menekan dan mengatasi arterosklerosis (penyakit yang disebabkan oleh terganggunya transportasi darah dan zat makanan pada pembuluh darah arteri). Dampaknya, kerja jantung pun terganggu. Organ vital ini akan kesulitan memompa darah ke seluruh tubuh yang bisa membahayakan nyawa. Gangguan pembuluh darah ini bisa dikurangi, bahkan ditanggulangi dengan cara mengonsumsi terong.

Budidaya terong adalah tidak membutuhkan keahlian khusus, karena perawatannya yang mudah dan tidak membutuhkan air yang banyak. Hal itulah yang dilakukan oleh Mahyun (31), warga Desa Kuang Rundun Kecamatan Jerowaru Lotim, yang juga berprofesi sebagai seorang guru biologi di sekolah swasta dekat rumahnya.

Kepada Paerlauq, Kamis, (4/10), Mahyun mengatakan bahwa kekurangan air ditempatnya bukan menjadi alasan untuk tidak bisa bercocok tanam. “Hanya dengan menggunakan air bekas mandi dan mencucipun cukup kalau di kelola dengan benar, tambah mahyun.

Di Tanya tentang banyaknya mitos yang mengatakan kalau terong membuat badan menjadi loyo? Mahyun membantah, fakta justru sebaliknya. Terong justru mendongkrak gairah seksual pria karena efek afrodisiaknya. “Terong dapat mencegah kanker, kaya serat, mengandung vitamin (A,B&C) dan mineral penting lainnya. Berbagai penyakit seperti wasir, rematik, batuk, penyakit kulit, bahkan raja singa juga bisa disembuhkan dengan sayuran “ajaib” ini, tambahnya. (mz).

0 komentar:

Posting Komentar