Selasa, 02 Oktober 2012

Kepiting Bakau di Pantai Saung



Paerlauq: Kepiting adalah binatang anggota krustasea berkaki sepuluh dari hewan berekor pendek, atau binatang laut yang memiliki perut tersembunyi di bawah dada. Tubuh kepiting dilindungi oleh kerangka luar yang keras (cangkang), dan memiliki sepasang senjata (capit).
Jenis kepiting tersebut banyak terdapat di pantai Saung, tepatnya di Desa Wakan Kecamatan Jerowaru, kurang lebih 3.5 KM dari jalan Negara perbatasan Kabupaten Lombok Tengah dan Kabupaten Lombok Timur, jalan Negara yang menghubungkan kecamatan Praya Timur dengan Kecamatan jerowaru.
Aveng (tokoh masyarakat pesisir) yang di temui paerlauq senin, 01/10 kemarin mengaku bahwa jenis kepiting yang ada di wilayah pantai Kecamatan Jerowaru dn Keruak terutama di saung adalah kepiting bakau, jenis kepiting bakau sendiri terdiri atas empat macam spesies yakni kepiting bakau merah, kepiting bakau hijau, Kepiting bakau ungu, dan kepiting bakau putih.
Daging kepiting terasa empuk, gurih dan sangat manis yang tersimpan di dalam cangkangnya yang kuat. Kepiting biasanya hidup liar di laut, tapi kepiting juga bisa di budidayakan seperti sistem budidaya dengan sistem tambak. Kepiting banyak diminati dikarenakan daging kepiting tidak saja lezat tetapi juga menyehatkan.
Rahasia memilih kepiting segar: a). Pilih kepiting yang masih lengkap jari-jarinya, terutama jari capitnya/ jari kepiting yang paling besar belum putus. b). Perhatikan matanya, jika bergerak keluar-masuk, tandanya ia masih hidup. Jari-jari yang bergerak pun bisa dijadikan patokan apakah kepiting itu masih hidup atau sudah mati. c). Kalau dijual dalam keadaan terikat, angkatlah badannya. Bila terasa ringan, artinya dagingnya kurang padat (sudah lama). Kepiting yang berat adalah yang berisi (baru). d). Jangan memilih kepiting yang kecil, karena sulit untuk mengeluarkan dagingnya, dan Selamat mencoba, lanjut aveng mengakhiri bincangnya.

Terpisah, Dedi Suhana, A.Md.Kep. mengungkapkan, daging kepiting mengandung nutrisi penting bagi kehidupan dan kesehatan. Meskipun mengandung kholesterol, makanan ini rendah kandungan lemak jenuh, merupakan sumber Potassium, Niacin, dan Folate yang baik, dan merupakan sumber protein, Vitamin B12, Phosphorous, Zinc, dan Selenium. (cup)

0 komentar:

Posting Komentar